Komandan Lantamal V Resmikan Pos TNI AL Puger dan Lepas Ratusan Anak Penyu Hijau
19/05/2016 11:56 WIB
 
 
Lantamal V, (19/5),-
 
Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Surabaya, Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.AP. meresmikan operasional Pos Angkatan Laut (Posal) Puger yang terletak di pantai Pancer, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger atau terletak di koordinat 08⁰38’32’’ LS -113⁰47’45’’ BT berjarak kurang lebih 45 KM dari pusat kota Jember, Kamis (19/5/2016).
 
Peresmian Posal Puger ini sesuai Peraturan Kasal no 1 tahun 2016 tanggal 25 Januari 2016 tentang pembentukan Pos Pengamatan TNI AL kelas B Puger, dilanjutkan dengan telegram Pangarmatim nomor 501/Arti/0316 tentang persemian Pos Pengamatan TNI AL kelas B Puger.
 
Peresmian Posal tersebut ditandai dengan pengukuhan Letnan Dua (E) Effendi sebagai Komandan Posal Puger yang pertama dilanjutkan dengan penandatangan batu prasasti oleh Danlantamal V didampingi Bupati Jember dan Komandan Lanal Banyuwangi serta pengguntingan pita peresmian gedung Posal Puger.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, Forkompimda Kabupaten Jember, Asrena Danlantamal V Kolonel Laut (S) Nanang Permadi, Asintel Danlantamal V Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P, Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan, para Kepala Dinas dijajaran Lantamal V, dan  para tamu undangan lainnya.
 
Menurut Danlantamal V, Posal Puger yang berada di pantai Pancer, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger ini merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Jember yang memiliki luas wilayah 3.293,34 Km persegi. Kabupaten Jember sendiri memiliki 31 kecamatan dengan total panjang garis pantai sejauh  170 Km. Secara organisasi, Posal Puger berada di bawah wilayah kerja Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi.
 
                Lanal Banyuwangi sendiri merupakan salah satu pangkalan dari delapan pangkalan yang berada dijajaran Lantamal V Surabaya, sehingga secara fungsi, Posal Puger merupakan kepanjangan tangan dan mata dan telinganya Lanal Banyuwangi.
 
Menurut Rudy –sapaan akrab Danlantamal V- pada hakekat keberadaan Posal merupakan implementasikan dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut. Posal ini mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi dan strategis.
 
Keberadaan Posal ini lanjut Rudy, merupakan ujung tombak dari Lanal. Pos ini mewakili keberadaan TNI AL di daerah yang akan mewarnai persepsi masyarakat kepada TNI AL. oleh karena itu Posal harus mampu memainkan peranan kontribusi kepada masyarakat yang berarti harus benar-benar secara nyata memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat.
 
Posal juga harus mampu mendukung dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di daerah dalam konteks pembinaan potensi nasional kekuatan maritim, teritorial masalah laut serta pembinaan lainnya. Posal juga harus melaksanakan tugas pokok dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab terhadap tupoksinya.
 
Sesaat setelah acara peresmian Posal Puger, dalam rangka mendukung  pelestarian satwa langka, Danlantamal V dengan  didampingi oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR melepas ratusan anak penyu hijau (Tukik) ke habitatnya.
 
Munurut orang nomor satu di jajaran Lantamal ini, tujuan pelesapan anak penyu hijau ini merupakan salah satu bentuk kepedulia